Senin, 24 Oktober 2011

Renungan Pagi: "ANDA BISA SEMBUH, ASALKAN..."



Senin, 24 Oktober 2011

Peringatan St. Antonius Maria Claret, Uskup dan Pengaku iman
Luk.13:10-17


Di satu pihak, ada orang yang memohon kesembuhan dan tak pernah mendapatkannya, sementara di lain pihak, ada yang hanya berpasrah dan kesembuhanpun mendatangi mereka. Itulah mujizat dalam hidup mereka. Baiklah kata-kata St. Yohanes Maria Vianey pantas untuk direnungkan dalam konteks ini. Beliau berkata dari kekudusan hati dan pikirannya, terutama dari iman yang luar biasa kepada Yesus sebagai Penyembuh Ajaib; “"Jika kita sakit dan kesembuhan kita akan berguna bagi kemuliaan Allah dan kebaikan jiwa kita, maka Ia yang telah menyembuhkan begitu banyak orang selama hidup-Nya di dunia ini, pastilah akan menyembuhkan kita. Tapi, sebaliknya, jika kesakitan kita itu akan lebih menguntungkan kita, maka Ia akan memberikan kita kekuatan untuk menanggungnya."

Ada juga pengalaman lain dimana ketika dokter telah menyerah dengan obat dan keahliannya untuk menyembuhkan, maka iman, baik dari penderita maupun sanak-keluarganya memainkan peranan penting dalam proses kesembuhan seseorang. Kisah seperti ini bisa kita baca dalam Kitab Suci; Perwira yang percaya dan hambanya sembuh, atau kisah ibu yang percaya dan anak sembuh dari sakitnya. Kuasa dibalik penyembuhan ajaib seperti ini selalu dikaitkan dengan Tuhan sebagai Penyembuh.

Yesus datang ke dunia bukan hanya sebagai Penyelamat, tapi juga sebagai Penyembuh Ajaib. Ia tak pernah memakai ramu-ramuan, mantra atau belajar rumusan-rumusan ilmu pengetahuan, tapi kuasa untuk menyembuhkan datang dari ke-Ilahi-an-Nya. Karena itu, lewat Sabda atau tatap-Nya saja, si sakit bisa mengalami kesembuhan.

Pagi ini, sebagai saudaramu, aku hanya mau datang untuk meyakinkanmu bahwa sakit dan penyakit apapun yang saat ini Anda alami akan tersembuhkan bila saja Anda memiliki iman dan percaya bahwa Yesus mampu menyembuhkan engkau. Yesus bukan hanya Penyelamatmu, tapi Dia adalah Penyembuhmu yang Ajaib. Meskipun demikian, sembuh-tidaknya engkau setelah Anda percaya kepada-Nya sangat tergantung pada perkenaan-Nya seperti yang dirumuskan oleh orang kudus-Nya, St. Yohanes Maria Vianey di atas. Segala sesuat pasti punya maksud bila itu datang dari Allah. Ia yang pernah menyembuhkan wanita yang telah menderita selama 18 tahun itu, kini sedang menjamahmu. Percayalah...percayalah maka mujizat itu akan menjadi nyata dalam kehidupanmu.


Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Rinnong***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar