Kamis, 01 September 2011

Renungan Pagi: "JANGAN TAKUT BELAJAR HAL BARU"


Jumat, 2 September 2011
Peringatan Para Martir dari Paris dan Korea
Luk.Luk.5 :33 - 39

Bacaan Injil hari ini dalam bentuk perumpamaan mengajarkan kita akan beberapa hal ini;

Pertama, “Janga takut untuk mempelajari hal-hal yang baru.” Jangan menutup diri, otak dan hati terhadap perkembangan dunia saat ini. Hidup ini banyak kejutan yang membuatmu kagum bila engkau tahu cara memaknainya. Bukankah Allah kita Allah yang selalu membuat kejutan bagi kita setiap saat? Itu pun yang terjadi ketika Anda membaca Kitab Suci. Saya sudah mulai menulis renungan dari tahun 2009 dan mengirimkan kepada teman-teman tapi kutipan yang sama selalu melahirkan ide dan nilai baru.

Kedua, “Jangan lupa orang-orang tua dan nasehat mereka.” Contoh; orang-orang desa tak sangat jarang mengalami penyakit macam-macam karena selalu menyatuh dengan alam. Demikian pun cara berelasi mereka satu sama lain sangat polos bila dibandingkan dengan kita yang berpendidikan dan hidup di kota-kota besar. Setiap kali ada kesempatan berlibur di kampung saya selalu menyempatkan diri untuk mendengarkan cerita dan sharing sederhana mereka. Sangat luar biasa; sederhana dalam kata dan kalimat tapi sarat maknanya.

Ketiga, “Ikutilah setiap perubahan dengan bijak.” Kata orang bijak; Anda boleh ikut dalam arus tapi jangan sampai terbawa arus. Oleh karena itu, nilai-nilai moral dan iman harus tetap menjadi batasan atau pagar dalam berkata dan bertindak.

Karena itu, mintalah kebijaksanaan kepada Tuhan seperti raja Salomo agar hidupmu menampakkan cahaya harapan dan cinta kepada orang lain. Anda pasti bisa melakukannya bila Anda mau dan rela.


Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Duc in Altum***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar