Jumat, 19 Agustus 2011

Renungan Pagi: "MILIKILAH YANG SATU INI"


Sabtu, 20 Agustus 2011
Peringatan St. Bernardus, Abbas dan Doctor
Mat.23:1-12

Kemarin ketika berjalan cepat untuk menggapai kereta pagi ke kampus, terlihat seorang gadis cantik di depanku, dan dibelakang kaos yang dikenakannya tertulis; “Lakukan apa yang Anda katakana.” Memang benar, karena banyak orang dapat berbicara, yang lain boleh berjanji tapi cuma sedikit saja yang mau memenuhi janji dan melakukan apa yang dikatakannya.

Pagi ini Yesus mengeritik para Farisi yang banyak berbicara tapi tidak melakukan apa yang mereka ajarkan. “Lakukanlah apa yang Anda katakan” maka bukan saja penghargaan dan kepercayaan yang Anda terima tapi lebih dari itu Anda menabung bagimu harta yang tak dapat dimakan ngengat.

Intinya “kerendahan hati” harus menjadi sifat bahkan sebuah keutamaan dalam dirimu. Orang yang memiliki sifat rendah hati akan selalu melakukan apa yang didengar dan diajarkan oleh orang lain, membawa beban yang diberikan oleh orang lain kepada umat untuk ditanggungnya, bekerja demi perubahan dan bukan demi harga diri dan penghormatan terhadap diri dan statusnya, duduk bersama orang lain dan bukan berdiri di hadapan mereka sambil mengacungkan tangan atau menunjukkan jari, mengangkat martabat orang lain dengan cara mengakui kelebihan dan kekurangan mereka.

Yesus mengingatkan kita sekalian pagi ini tentang nilai kerendahan hati; “Bila ingin menjadi yang terbesar maka jadilah pelayan bagi yang lain. Bila ingin ditinggikan maka rendahkanlah dirimu.” Semoga sebelum pulas dalam tidur malam nanti, Anda bisa melayani siapa saja yang memberi kesempatan kepadamu untuk menunjukkan semangat seorang pelayan yang rendah hati.


Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Duc in Altum***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar