Kamis, 07 Juli 2011

Renungan Pagi: "YESUSKU: TIADA DUANYA!"


Selasa, 3 Mei 2011
Pesta St. Filipus dan Yakobus
Yoh.14:6-14


...             Tulisan di slogan berbunyi: “Tidak ada jalan kepada damai: Damai itu sendiri adalah jalan! Demikian pun Yesus bukan hanya sekedar sebuah jalan. Tidak ada jalan  kepada Yesus. Yesus adalah satu-satunya jalan kepada Bapa-Nya dan Bapa kita.”  Bahkan lebih indah lagi karena Injil hari ini memberikan sebuah pencerahan kepada kita tentang identitas Yesus bahwa “Dia sendiri memperkenalkan Diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Kehidupan.”  Inilah alasan mengapa setiap kali berhadapan dengan mereka yang menolak Yesus sebagai Anak Allah atau pun kepada mereka yang meninggalkan agama Katolik saya selalu menekankan bahwa“tidak ada nabi atau pendiri agama lain yang pernah memproklamirkan dirinya sebagai Anak Allah atau jalan kepada Allah, atau sebagai kebenaran dan kehidupan, selain cuma Yesus sendiri.” Ini mau mengatakan bahwa Yesus mendapatkan tempat istimewa di Hati Allah, Bapa-Nya, bahkan ketika Filipus mendesak Yesus untuk menunjukkan Bapa itu kepada mereka, Ia menjawabnya; “Barangsiapa melihat Aku, dia melihat Bapa.”  Bukti lain dari ayat Kitab Suci tentang ini yakni ketika Ia dibaptis di Sungai Yordan atau ketika terjadi peristiwa transfigurasi di mana ada suara yang berseru dari langit; “Inilah Putra-Ku yang Kukasihi!”

            Pagi ini kita diundang untuk dikuatkan dalam iman kita kepada Yesus sebagai Jalan, Kebenaran dan Kehidupan yang ditawarkan oleh Allah kepada manusia. Ya, tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa tanpa melalui Aku. Rumusan ini pasti menimbulkan banyak tanda tanya tentang nasib agama lain atau mereka yang tidak mengenal Yesus. Biarlah itu menjadi tema diskusi di tempat lain, tetapi pagi ini aku mau meyakinkan Anda sekalian bahwa “Yesus yang kita imani pasti tiada duanya.” Mengapa? Karena Dia bukan hanya jalan, kebenaran dan hidup, melainkan Dia sendiri juga adalah Penyelematmu. Mengimani Yesus bagaikan kita telah memiliki tiket untuk masuk ke sebuah bioskop; terserah bagi setiap orang untuk memutuskan, apakah ia mau menonton film yang ditayangkan atau tidak. Ingatlah akan kata-kataku terdahulu; “Allah tidak bertanya kepadamu ketika Ia menciptakan engkau, tetapi ketika Ia hendak menyelamatkanmu maka Ia akan bertanya dengan lembut kepadamu; Apakah engkau mau selamat?” Keputusan ada di tangan Anda, dan Allah sangat menghargai itu.

            Pelajaran kecil yang kita bisa petik dari Injil hari ini, yakni selain mengakui kebenaran iman Katolik bahwa Yesuslah Jalan, Kebenaran dan Hidup, bahkan Dia adalah cinta, maka kita pun diajak untuk sekurang-kurangnya bisa berjalan bersama, berbicara tentang, dan hidup seperti Yesus. Dengan demikian kita pun akan  menjadi “jalan kecil”bagi orang lain seperti apa yang dibuat oleh Filipus yang membawa Natanael kepada Yesus. Semoga lewat tutur kata, terlebih kesaksian hidupmu setiap hari, orang lain menemukan Yesus, atau setidak-tidaknya terinspirasi untuk merintis jalan mereka kepada Yesus.


Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Duc in Altum***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar