Kamis, 07 Juli 2011

Renungan Pagi: "BERUBAHLAH!"


Sapaan seorang sahabat untuk para sahabat,

Maaf karena seharian kemarin internet di tempatku macet total sehingga renungan pagi dan riwayat orang kudus tidak bisa dikirimkan kepadamu.


... Senin, 2 Mei 2011
Yoh.3:1-8


“Banyak orang ingin hidup, sifat dan tingka lakunya berubah tapi mereka enggan untuk bekerja sama demi menciptakan perubahan itu.”

            Di balik diskusi dan debat tentang maksud “lahir kembali,” tetapi satu hal yang penting adalah hidup, sifat dan tingka laku kita harus tetap diperbaharui setiap saat. Paskah telah memberi kesempatan kepada setiap orang Katolik untuk lahir kembali dalam dan dengan peristiwa kebangkitan untuk menjadi manusia baru, meskipun kadang apa yang kita perbuat adalah hanya bangkit sesaat saja, dan setelah itu terbenam lagi dalam sifat dan tingka laku atau cara hidup lama kita.

            Injil hari ini dengan singkat menceritakan tentang pentingnya keterbukaan setiap orang terhadap Roh Kudus, dan itulah yang membuat kita dapat berubah. Meskipun demikian, perubahan sebagai hasil karya Roh Kudus dapat terjadi dalam hidup setiap orang jikalau kita terbuka dan bekerja sama dengan Roh Kudus. Sebagian orang mengharapkan bahwa hidup, sifat dan tingka laku mereka dapat berubah secara ajaib tanpa campur tangannya. Bagaimana mungkin sebuah pena dapat digunakan untuk menulis kalau saudara tidak bisa menggerakan tangan kiri atau kanan di mana pena itu tergenggam? Demikian pun hasil kerja Roh Kudus akan terlihat di dalam dirimu jika kita terbuka terhadap karya Roh Kudus, yakni bersedia mengubah apa yang  bisa kita ubah dalam diri dan hidup kita.

            Oleh karena itu, baiklah di pagi ini kita membuka hati dan pikiran kita serta menyerahkan segala sesuatunya kepada penyelenggaraan Ilahi sambil berjuang untuk berbuat apa yang boleh kita lakukan demi perubahan hidup dan masa depan kita, terutama keselamatan kita kelak. Dengan kata lain, setiap perubahan hidup, sifat dan tingka laku bukan terjadi secara magic melainkan memerlukan usaha yang terus menerus dari pihak manusia sambil memohon pertolongan Tuhan. Tuhan dapat mengubahmu tapi Ia ingin agar Anda bangga terhadap dirimu sendiri ketika Anda akhirnya tahu dan menyadari bahwa perubahan diri, hidup, sifat dan tingka lakumu adalah juga berkat usaha pribadimu.

            Akhirnya, ubahlah dunia dirimu jika Anda ingin orang lain di sekitarmu berubah. Perubahan bukanlah sesuatu yang terjadi secara magic melainkan memerlukan kerja sama dan usaha keras setiap orang. Semoga kelahiran kembali dapat kita alami setiap saat berkat keterbukaan kita terhadap karya Roh Kudus.


Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Duc in Altum***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar