Selasa, 12 Juli 2011

Renungan Pagi: "SEPERTI APAKAH LADANG HATIMU SAAT INI?"


Minggu, 10 Juli 2011
Minggu Biasa ke-15
Mat.13:1-23

Di antara banyak lagu indah dan bermakna tentang Firman Tuhan, lagu ini tetap kucintai untuk dinyanyikan; “Adakah tempat di hatimu untuk firman kehidupan.” Alasannya sederhana saja bahwa syair lagu ini menggabungkan dua ide pentingn ini; Kerelaan mendengarkan firman Tuhan, dan untuk mempraktekannya dalam kehidupan harian.

Bacaan Injil hari ini mau mengajak kita untuk merenungkan 3 hal penting ini;
Pertama, Penabur adalah Allah sendiri; Ia tak pernah berhenti dan lelah untuk menabur benih; benih cinta, benih pengharapan dan kegembiraan. Allah itu sangat kreatif untuk memberikan kepadamu alasan mengapa Anda berbahagia; mungkin lewat kekagumanmu terhadap cuaca pagi yang indah, ketika seseorang tersenyum manis padamu, atau pun ketika Anda sendiri tersenyum memandang kelucuan anak-anakmu. Allah selalu ada di sana untuk menyapamu.

Kedua, Benih itu adalah Sabda Allah; Sabda yang sama dari Allah yang sama dan satu didengarkan dan ditanggapi serta mendapatkan reaksi yang berbeda dari setiap orang. Para penulis Injil adalah contoh yang indah terhadap pernyataan ini. Namun hal yang penting dan pasti bahwa Roh Allah terus menerus menginspirasikan banyak orang untuk bertumbuh dan berkembang karena dan dari Sabda Tuhan. Mungkin derita tubuh dan jiwa terasakan hanya karena mempertahankan kebenaran Sabda Tuhan, tapi ganjaran keselamatan sedang menantimu di akhir deritamu.

Ketiga, Tanah adalah reaksi hati dan pikiranmu terhadap Sabda Tuhan. Banyak orang boleh menjadi pendengar terhadap pewartaan Sabda Tuhan, tapi hanya sedikit saja yang mampu mempraktekkannya dalam hidup. Banyak orang boleh mengatakan bahwa mereka adalah pengikut Yesus tapi hanya sedikit yang mampu menjadikan Sabda-Nya pedoman hidup mereka, apalagi untuk mempraktekannya dalam hidup setiap hari.

Pesanku singkat saja padamu di pagi ini;

•“Telingamu boleh mendengar, tapi hanya hatimulah yang mampu mendengarkan dengan sungguh setiap Firman Tuhan kepadamu.”

•Anda pasti bisa membaca dan mengerti Firman yang tertulis dalam Kitab Suci, tapi hanya mereka yang mampu mendengarkan dengan hatilah yang mampu membaca Firman yang tertulis dalam kehidupan.

•Seperti apakah ladang hati dan pikiranmu saat ini terhadap Sabda Tuhan?


Selamat berhari minggu untuk semua sahabat.

Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Duc in Altum***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar