Kamis, 07 Juli 2011

Renungan Pagi: "PELUK ERATLAH MEREKA DALAM DOAMU"


Selasa, 5 Juli 2011
Mat.9:32-38

Kalau sudah ada prasangka buruk, apalagi ditambah dengan iri hati dan dendam yang bertumbuh subur di dalam hati dan pikiran, maka apa pun kebaikan orang lain yang dikatakan atau diperbuat selalu menjadi jelek dan buruk di mata kita. Itulah pengalaman Yesus ketika dengan cinta yang tanpa lelah mengajar dan menyembuhkan orang-orang di zaman-Nya, tapi tetap menjadi jelek di mata para Farisi; “Lihat, Ia mengusir roh jahat dengang kuasa penghulu setan.”

Pengalaman ini menjadi semacam cermin bagi kita untuk melihat kembali sikap dan tingka laku kita, mengevaluasi kembali kata dan perbuatan kita sehubungan dengan dosa dan kesalahan orang lain; Lebih mudah bagi kita untuk menebarkan gosip dan menceritakan kejelekan orang lain daripada mengakui keunggulan dan kelebihan orang lain, sahabat dan kenalan kita.

Dalam hubungan dengan dosa dan kesalahan orang lain, pesan saya singkat saja untukmu di pagi ini; “Daripada menyebarkan kejelekan dan dosa orang lain, sahabat dan kenalan kita, maka lebih indah bagimu jika peluk eratlah segala kelemahan dan kekurangan mereka dalam doa-doamu untuk mereka.”Aku selalu percaya bahwa cinta dan pengampunan lebih efektif mengubah orang lain daripada kritikan yang pedas, kata-kata hujatan dan celaan. Tidak bermaksud bahwa kita mendukung sikap dan tingka laku buruk mereka, tapi biarlah untuk hari ini saja bila memang engkau tidak mau untuk selamanya untuk mendukung orang lain; suami-istri, orang tua-anak, sahabat dan kenalan kalau bukan dengan kata maka biarlah dengan sepenggal doa untuk mereka.

Karena itu, singkirkanlah segala prasangka burukmu terhadap orang lain hari ini, dan berilah kesempatan kepada mereka untuk berbuat baik tanpa ada kata celaan dan hojatan. Serahkanlah segala keresahanmu tentang mereka kepada Allah, dan berilah kesempatan kepada-Nya untuk bertindak atas hidup dan diri mereka.


Salam dan doa seorang sahabat untuk para sahabat,

***Duc in Altum***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar